Kisi-kisi USBN PAI SMP th 2012

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

 

NO

STANDAR KOMPETENSI

KEMAMPUAN YANG

DIUJI

 

INDIKATOR

 

NO.

SOAL

 

1.

Menerapkan tata cara

membaca al Quran

menurut tajwid, mulai

dari cara membaca

“Al”- Syamsiyah dan

“Al”- Qomariyah sampai

kepada menerapkan

hukum bacaan

mad dan waqaf.

 

Menerapkan hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim mati pada ayat al Quran.

 

Disajikan tabel tentang hukum nun mati/tanwin dan contoh bacaannya, peserta didik dapat menentukan pasangannya.

1

Peserta didik dapat menentukan contoh hukum bacaan mim mati.

2

Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra pada ayat al Quran. Ditampilkan ayat al Quran yang mengandung bacaan qalqalah, peserta didik dapat mengklasifikasi jenis hukum bacaan

qalqalah.

3

Menerapkan hokum bacaan mad dan waqaf pada ayat al Quran.

 

Disajikan ayat al Quran yang mengandung hukum bacaan mad, peserta didik dapat menentukan nama hukum bacaan mad.

4

Disajikan ayat al Quran yang mengandung tanda waqaf, peserta didik dapat menentukan nama waqaf.

5

Menyebutkan arti QS. Al Tin.

 

Disajikan tabel yang berisi potongan ayat dan arti surat al Tin, peserta didik dapat menentukan pasangannya.

6

Membaca dan menjelaskan makna QS. al Tin. Ditampilkan salah satu ayat pada surat al Tin, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungannya.

7

Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam  Al Hadits Ditampilkan al Hadits tentang menuntut ilmu, peserta didik dapat menjelaskan maknanya.

8

Menampilkan bacaan QS. al Insyirah. Ditampilkan ayat-ayat QS. al Insyirah secaraacak, peserta didik dapat menyusunnya dengan benar.

9

Mempraktikkan perilaku dalam bekerja seperti yang terkandung dalam QS. Al Insyirah Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan sikap terpuji dalam bekerja seperti yang terkandung dalam surat al Insyirah.

 

 

10

2.

M e n i n g k a t k a n pengenalan dan keyakinan terhadap aspekaspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai iman kepada qadha dan qadar serta asmaul husna.

 

Menyebutkan arti ayat-ayat Al Quran yang berkaitan dengan dengan sifat-sifat Allah SWT. Ditampilkan ayat Al Quran tentang sifat wajib Allah SWT, peserta didik dapat menentukan sifat wajib Allah pada ayat tersebut.

11

Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat Dipaparkan ilustrasi perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memilih perilaku yang mencerminkan perilaku beriman kepada malaikat.

12

Menampilkan sikap mencintai al Quran sebagai kitab Allah. Disajikan beberapa perilaku terhadap al Quran, peserta didik dapat mengkategorikan perilaku mencintai Al Quran.

13

Menjelaskan pengertian beriman kepada rasul Allah. Ditampilkan beberapa perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengklasifikasikan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul.

14

Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW. Ditampilkan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat menjelaskan sifat wajib bagi rasul yang terkandung dalam kisah tersebut.

15

Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir. Disajikan wacana kejadian pada hari akhir, peserta didik dapat menentukan istilah hari akhir.

16

Menyebutkan ayat-ayat al Quran yang berkaitan dengan hari akhir. Disajikan beberapa ayat al Quran, peserta didik dapat menyebutkan ayat al Quran yang berkaitan dengan hari akhir.

17

Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al Quran dan al Hadis. Ditampilkan ayat al Quran atau al Hadits tentang proses hari kiamat, peserta didik dapat menyimpul-kan isi kandungan ayat tersebut.

18

Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar . Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.

19

Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan seharihari. Disajikan wacana tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan contoh qadha dan qadar.

20

Menyebutkan ayat-ayat al Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar. Ditampilkan beberapa ayat al Quran, peserta didik dapat menentukan ayat yang berkaitandengan qadha dan qadar.

21

3

Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti  qanaah dan tasamuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah. Menerapkan perilaku terpuji (tawadu, taat, atau sabar) dalam kehidupan sehari-hari. Dideskripsikan cerita tentang perilaku seharihari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku terpuji (tawadu, taat, atau sabar).

 

22

Menerapkan perilaku terpuji (kerja keras, ulet, tekun dan teliti) dalam  kehidupan sehari-hari. Disajikan beberapa contoh perilaku seharihari, peserta didik dapat mengklasifikasikan contoh perilaku terpuji (kerja keras, ulet, tekun atau teliti).

23

Menerapkan perilaku terpuji (zuhud dan tawakal) dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri perilaku terpuji (zuhud atau tawakal).

24

Mengklasifikasikan dan menghindari perilaku tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) dalam kehidupan sehari-hari. Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik dapat menentukan sikap cara menghindarinya.

25

Menerapkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari.

 

Disajikan kasus tentang perilaku makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar berkenaan dengan adab makan dan minum

26

Mengklasifikasi akibat perilaku tercela (dendam dan munafik) dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan ayat al Quran atau hadis rasulullah tentang perilaku tercela (dendam atau munafiq), peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya.

27

Menampilkan contoh perilaku qana’ah dan tasamuh dalam kehidup-an seharihari. Ditampilkan beberapa pernyataan tentang manfaat dari perilaku terpuji, peserta didik dapat mengklasifikasikan manfaat perilaku qanaah.

28

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan contoh-contoh perilaku tasamuh.

29

Disajikan sebuah kasus tentang hubungan antar umat beragama, peserta didik dapat menentukan sikap tasamuh yang tepat.

 

30

Menghindari perilaku tercela (takabur) dalam kehidupan sehari-hari.

 

Disajikan ayat al Quran atau al Hadits tentang perilaku tercela, peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya.

31

Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari  yang mengandung sikap tercela (takabur), peserta didik dapat menentukan sikap untuk menghindarinya.

 

 

32

4.

Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat. Menjelaskan ketentuan mandi wajib. Disajikan tabel tentang hal-hal yang menyebabkan hadas, peserta didik dapat menunjukkan sebab-sebab mandi wajib.

 

33

Menjelaskan ketentuanketentuan shalat Jumat. Ditampilkan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan ibadah shalat Jumat, peserta didik dapat mengklasifikasikan rukun khutbah.

34

Menerapkan sujud syukur,sujud sahwi dan sujud tilawah. Ditampilkan ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sujud yang relevan dengan ilustrasi tersebut.

35

Menyebutkan pengertian dan ketentuan shalat sunnat. Disajikan suatu kasus, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis shalat sunnat yang relevan.

36

Ditampilkan beberapa pernyataan tentang cara melaksanakan shalat sunah, peserta didik dapat menunjukan nama shalat sunat yang dimaksud.

37

5.

Memahami zakat

 

Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal. Disajikan kondisi sebuah keluarga, peserta didik dapat menentukan besarnya zakat yang harus dikeluarkan.

38

6.

Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber makanan Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan. Ditampilkan beberapa gambar ciri-ciri hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan yang diharamkan.

39

Menerapkan tatacara penyembelihan hewan. Peserta didik dapat menunjukkan tata cara menyembelih hewan menurut ajaran Islam

40

7.

Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan  umrah.

 

Disajikan deskripsi suatu amalan dalam ibadah haji, peserta didik dapat menentukan jenis amalan tersebut.

41

Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hikmah umrah.

 

42

8.

Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para sahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara.

 

Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW. Disajikan peristiwa pada masa Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat menunjukkan lokasi peristiwa tersebut pada peta.

 

43

Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak,

membangun manusia mulia dan bermanfaat.

Disajikan kisah kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat mengidentifikasi akhlak terpuji yang

terkandung di dalamnya.

44

Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat

melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan

 

Peserta didik mampu mengidentifikasi kegiatan wirausaha yang dilaksanakan Nabi Muhammad SAW dalam membangun

masyarakat Madinah.

45

Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam. Disajikan ilustrasi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam, peserta didik dapat menunjukkan peran aktif khalifah pada masa tersebut.

46

Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran. Disajikan deskripsi suatu peristiwa, peserta didik dapat mengidentifikasi cara masuknya Islam di Nusantara (perdagangan, sosial, atau pegajaran).

47

Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi Dideskripsikan perjuangan sebuah kerajaan Islam dalam melawan penjajah, peserta didik mampu mengidentifikasi kerajaan yang dimaksud.

48

Menceritakan seni budaya  lokal sebagai bagian dari tradisi Islam Disajikan deskripsi seni budaya, peserta didik dapat menyimpulkan seni budaya lokal yang bernuansa Islam

49

Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.

 

Disajikan deskripsi suatu tradisi atau upacara adat kesukuan di Indonesia, peserta didik mampu menentukan tradisi atau upacara yang dimaksud.

 

50

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s